Wednesday, September 19, 2012

TREASURE HUNT 2012 : The Rise of Count Grishnack THE GAME & THE STORY BEHIND


[ Treasure Hunt Series adalah acara tahunan yang diprakarsai UKM Aksara STAN. Awalnya diselenggarakan untuk memuaskan ambisi para anggotanya yang pecinta fantasi dan ingin membuat suatu karya fiktif yang bisa di-“realisasi”-kan.
Treasure Hunt 2012 : The Rise of Count Grishnackh (TH 2012) merupakan sekuel dari Treasure Hunt 2011 (TH 2011). Bila TH 2011 merupakan sebuah real-game berbasis RPG (Role Playing Game) dengan tema “treasure hunting” (perburuan harta karun) maka TH 2012 adalah sebuah kombinasi antara game online dan real-game berbasis RPG (Role Playing Game) yang bertemakan “big war” (perang besar antara Kebaikan/Pemburu dan Kejahatan/Laskar Serigala, dengan partisipasi pihak Oportunis/Pedagang, tentunya). ]

—dikutip dari proposal  Treasure Hunt 2012

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Hai, hai, semua yang tertarik dengan Treasure Hunt 2012!! :D Jika tidak tertarik, mana mungkin Anda membuka blog ini bukan?

Game Master’s speaking here!! XD —just one of us, though.

Salam kenal dan selamat datang di blog Treasure Hunt 2012 : The Rise of Count Grishnack—event tahunan prakarsa UKM Aksara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang sudah berlangsung selama dua tahun ini. Yap, sekarang adalah tahun kedua Treasure Hunt Series. Dan seperti yang dikutip langsung dari dokumen resmi ber-package unyu di atas, Treasure Hunt 2012 ini akan sangat berbeda dari prekuelnya.

Pertama, event organizernya. Bila Treasure Hunt 2011 digawangi sepenuhnya oleh UKM Aksara STAN, Treasue Hunt 2012 diusung oleh empat entitas yang sangat berbeda: Aktualisasi Seni Sastra, HIMA PPLN, Komunitas Papercraft STAN, dan Masyarakat Fotografi STAN.

Kedua, temanya! Bila tahun lalu tema besar yang diusung adalah ‘perburuan harta karun’, maka tema besar tahun ini adalah ‘Big War’ alias Perang Besar! Dan tentu saja sesuai dengan tema besarnya, Treasure Hunt 2012 memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk menjadi bigger than before. Dan itu tak hanya bisa dilihat dari jumlah hadiah untuk pemenang (TOTAL DUA SETENGAH JUTA RUPIAH!), namun juga target peserta (quota peserta 100 tim alias 300 orang) yang mengincar UMUM serta total NPC—Non-Playing Character—terlibat yang membengkak dua kali lipat!

Ketiga, Treasure Hunt 2012 akan digelar dalam dua fase berkesinambungan: fase pertama online game selama 6 hari (practically, 5 hari, sih) dan fase kedua berupa real game yang akan berlangsung seharian—pagi sampai sore—di kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara di Jalan Bintaro Utama, Sektor V Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Kenapa harus seminggu penuh begitu? Karena nggak cuma satu-dua hunter alias pemburu (this is how
we called our participants) tahun kemarin yang bilang bahwa ngegame Treasure Hunt seharian doang itu nggak cukup—entah mereka speak up kayak gitu karena memang benar-benar mau lagi atau kesal karena belum menang—makanya tahun ini kami mempersiapkan game yang bisa dimainkan selama seminggu! #siapsiapkaburdarikejaranhunterTH2011

Kenapa harus game online? Well, game ini kan memang berbasis RPG. Biar lebih kerasa aja gitu. =w= #digiles

Kenapa harus 6 hari? Well, nah, ini ada ceritanya. Kami sebenarnya sudah menyiapkan serangkaian game—nggak banyak, kok, cuma 5 biji aja—yang pasti dijamin seru dan absurd. #trollingGMstaffistrolling

 Namun, setelah dikaji lebih ulang, game yang kami rancang kayaknya nggak akan bisa diselesaikan tim hunter dalam sehari dua hari. Per gamenya sebenarnya bisa dikerjakan dalam waktu singkat, sih—tiga orang per tim ini kan?—nggak nyampe sejam juga kelar, tapi... kami sebagai event organizer dan Anda sekalian sebagai pemburu akan sangat mungkin punya jam akses internet yang nggak sama. Anda bisanya Subuh, kami bisanya tengah malam, hunter lain bisanya sebelum jam delapan malam dan beragam kemungkinan lainnya. Nah, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, satu game akan diberi waktu yang cukup panjang untuk diselesaikan/di-post. Yaah, kurang lebih 12 sampai 20 jam, deh—kecuali game tertentu di hari tertentu yang, ssttt, masih rahasia.

Nah, hari keenam itu akan jadi hari tenang untuk semua pemburu bertanya sepuasnya sampai paham tentang hari-H real game.

Eh, apa? Ngapain aja online game-nya? Yaah, game RPG ngapain aja, sih? Gak tahu RPG itu apa? =.= Fine, silakan buka tab baru di browser Anda, meluncurlah ke search engine terdekat dan ketikkan Role Playing Game di jendela pencarian. #digorok

Simpelnya...

[ Role Playing Game adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokoh-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini. ]

—dikutip dari wikipedia.org

Nah, dalam Treasure Hunt 2012 ini nantinya—sedikit bocoran, nih—para pemburu akan diminta untuk membuat avatar. Avatar ini adalah perwujudan dari tim—satu entitas yang menjadi perwujudan tiga pribadi dalam tim dan menjadi identitas tim hunter selama game berlangsung. Simpelnya, avatar adalah satu karakter yang jadi ikon dan identitas tim.

Ya, Anda sendiri yang mendesain imaji dan karakter yang akan Anda dan tim mainkan. Tidakkah itu menyenangkan?

Jenis game online nanti apa saja? Macam-macam, sih. Ada yang macam teka-teki, ada yang membutuhkan strategi rapi... #dibekeptimGM Oh, well, saya nggak boleh bocorin banyak-banyak.
Tunggu saja tanggal mainnya, ya! XD

Real game-nya sendiri kayak apa? Macam-macam juga. Yang jelas gamenya akan mengadu tak hanya kecepatan, kekuatan dan daya pikir, tapi juga kekompakan dan kecerdikan tim pemburu di berbagai medan.

Saya kasih bocoran satu real game, ya. Game ini namanya Adu Mantra—nama super obvious, it is. =.=

[ Satu tim pemburu akan diajak ke hadapan Penyihir Hitam. Di sana Penyihir Hitam mengajarkan beberapa mantra yang harus dihapalkan dalam waktu 3 menit, untuk kemudian memakai mantra itu untuk bertempur satu sama lain. Pertempuran berlangsung dengan cara Penyihir Hitam menyebut mantra apa yang harus dirapalkan dan peserta harus adu cepat merapalkan mantra dengan benar.  Pemenang adalah yang berhasil merapalkan mantra paling banyak dengan cepat dan benar. ]

—dikutip dari dokumen rahasia Game Master of Treasure Hunt 2012

Itu baru satu, yang lebih gokil banyak~ #berasangiklanapagitu

Keempat, Treasure Hunt 2012 mengadopsi sistem classification dan levelling—nggak kayak prekuelnya yang lempeng-lempeng saja. Tim hunter, dalam perkembangannya di game online nanti, akan diberi pilihan untuk memilih kelasnya—kecuali jika terjadi force majeur yang tak diharapkan siapapun—sendiri: entah itu tetap memilih menjadi Pemburu alias hunter dengan ajaran Hydrus, menjatuhkan pilihan menjadi Laskar Serigala alias defender dengan panduan Pertapa KembarTwin Sage, atau menetapkan tekad menjadi Pedagang alias trader di bawah bimbingan Pedagang KaruniaBlessing Trader.

Masing-masing kelas memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Pun setiap kelas memiliki caranya sendiri dalam menyetir kisah game ke garis finish-nya. Bagaimanakah kisah demi kisah akan terjalin dalam Treasure Hunt 2012, semua akan tergantung pada bagaimana para Pemburu, Laskar Serigala dan Pedagang bertindak dan memilih takdir mereka sendiri. Ya, tak ada yang tahu bagaimana akhirnya nanti —kami memang sudah meruncingkan ramalan menjadi tiga prediksi ending yang paling mungkin terjadi, tapi yang mana yang akan terjadi? Only God knows.

Tidakkah itu sangat menarik?

Masih penasaran? Sayang sekali saya sudah nggak boleh cuap-cuap lebih dari ini. #liriktimGM Oke, GMers, jauhkan benda tajam dari tangan kalian. Saya takkan memberikan spoiler lebih jauh dari ini. Rest assured, okay?

Kalau Anda ingin tahu lebih lanjut, follow aja Twitter kami di @TH_2012 atau page Facebook di (blablabla). Karena itu tempat kami ngerambling, siapa tahu bakal ada spoiler game lagi. Nyehehe.

Treasure Hunt 2012,
Karena main game sambil duduk itu terlalu mainstream.

Signed,
Game Master

No comments:

Post a Comment